Halaman Kami


Thursday 21 March 2013

Membuat Lensa Super Makro dari Kaca Pembesar Bekas

Saya memiliki lensa Makro jadul yang saya pakai untuk foto makro "normal". Contohnya adalah foto semut berikut

13604707022059765081
Sumber: Ukuran asli tanpa crop




Jika saya gunakan fasilitas "crop" yang ada di GIMP, saya bisa memperbesar ukuran semut paling maksimal (sebelum gambarnya pecah) sampai pada ukuran berikut

13604708441894919008
Sumber: Crop maksimal...mulai terlihat matanya
Lensa Super Makro

Terus terang saya penasaran, apakah saya bisa memperoleh ukuran semut yang lebih besar lagi?

Jika menggunakan teknik tetesan air seperti pada tulisan sebelumnya hasilnya tidak maksimal untuk digunakan dalam foto.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan lensa super makro buatan sendiri

Jika sahabat memiliki kaca pembesar dengan titik fokus 1 cm seperti berikut



Dan juga extension tube (baik itu buatan pabrik atau bikinan sendiri), maka kaca pembesar itu bisa disisipkan kedalam extension tube seperti berikut



Lensa Super Makro pun selesai dan siap dipasang ke badan kamera.

Jika kita gunakan lensa tersebut ke objek semut kecil di atas, kita akan dapatkan pembesaran yang luar biasa walaupun tanpa menggunakan crop.



Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment