Halaman Kami


Saturday 28 January 2012

Membuat Jam Matahari

Saya ini tipe orang yang nggak suka pakai Jam, trus kalau pengen tahu jam gimana dong. Ya gampang aja, tinggal lihat HP, atau pakai teknologi "Siri".

Wah hebat dong HP lo Iphone 4S ya? ....hehehe nggak sanggup beli 4S. Khan 4S nya bisa diganti dengan orang yang lewat. Cukup tanya "Jam berapa Mas, Mbak, Om, Tante"...ntar kan keluar jawabannya ...haghaghag

Ada banyak jam tanpa baterai warisan nenek moyang kita dulu. Kita mulai aja dulu dari yang paling gampang, Jam Matahari.




Jam matahari yang kurang akurat

Jika bicara mengenai jam matahari, yang terbayang oleh saya adalah yang tipe seperti ini (gambar bukan punya saya);


Jam matahari waktu SD dulu
Jam matahari waktu SD dulu

Caranya gampang sekali, tinggal tusuk pensil secara vertikal ke piring kertas, lihat jam saat itu, lalu tandai bayangan dengan jam saat itu (begitu terus dilakukan setiap jamnya).  

Pembacaan jamnya lumayan akurat karena saya cuma pakai jam itu selama 3 hari berturut-turut. Selepas 3 hari, jam matahari pun masuk kotak penyimpanan.

Ada dua bagian penting dalam setiap jam matahari.

  • tiang waktu (gnomon), yaitu bagian yang memberikan bayangan
  • piringan waktu, yaitu bagian yang menangkap bayangan dan memberikan informasi waktu dengan posisi bayangan

Tahukah sahabat, jam matahari seperti di atas hanya akurat sampai waktu yang terbatas. Seiring waktu, keakuratannnya akan berkurang karena perubahan posisi terbit matahari. Simak tgambar berikut yang di ambil dari tulisan Hari ini Matahari Tidak terbit di Timur



Posisi Matahari 21 Desember
Posisi Matahari 21 Maret/September

Posisi Matahari 21 Juni
Posisi Matahari 21 Juni

Posisi Matahari 21 Desember
Posisi Matahari 21 Desember


Garis biru adalah garis katulistiwa, dan garis kuning adalah lintasan matahari. Terlihat kan beda posisi bayangannya. Jadi apa yang kita tandai sebagai jam 3 sore pada hari ini, akan menunjukkaan waktu yang berbeda 3 bulan lagi misalnya.


Perbedaan bayangan karena perbedaan posisi matahari
Perbedaan bayangan karena perbedaan posisi matahari


Gambar di atas menunjukkan lintasan matahari di belahan bumi utara. Silahkan lihat digambar sebelah kanan, terlihat jelas posisi bayangan berbeda untuk jam yang sama (3 sore) pada tanggal yang berbeda (2 Desember dan 21 Juni).


Jam matahari yang lebih akurat

Ada cara mudah membuat jam matahari yang lebih akurat, yaitu dengan memiringkan tiang waktu (gnomon) sejajar dengan arah sumbu putar bumi dan memposisikan piringan waktu sejajar dengan priringan katulistiwa bumi.


Miringkan penunjuk waktu searah sumbu rotasi bumi
Miringkan penunjuk waktu searah sumbu rotasi bumi


Dengan cara seperti ini, posisi bayangan akan selalu sama pada jam yang sama dimanapun posisi lintasan matahari. Lantas bagaimana menetukan arah kemiringan penunjuk waktu?


  • penunjuk waktu harus selalu mengarah ke utara (belahan bumi utara) atau selatan (belahan bumi selatan). Untuk kita di katulistiwa, bebas saja memilih utara atau selatan

  • sudut kemiringan harus sama dengan garis lintang dimana kita berada. Dalam kasus kita di katulistiwa, sudut kemiringan adalah 0° atau berada dalam posisi horisontal (sejajar) pada lantai datar


Membuat jam matahari (Untuk yang tinggal di garis katulistiwa)

Siapkan bahan


  • kotak sereal bekas (atau kotak bekas apa saja) yang asli kotak dengan sudut masing-masing 90°


  • gambar posisi jam sebegai berikut (jika ingin membuat sendiri, besar sudut antara jam adalah 15°). Buat dua buah, untuk sisi muka dan belakang.



Gambar angka Jam
Gambar angka Jam




  • Pensil, sedotan, lidi atau apapun yang lurus

Mulai membuat


  1. Buat gambar posisi jam, atau print saja dari gambar di atas

  2. Tempel gambar tersebut di kotak sereal bagian muka (menghadap utara) dan belakang (menghadap selatan) pada posisi yang simetris

  3. Buat lubang di bagian muka dan belakan pada titik pusat lingkaran jam

  4. masukan sedotan, pinsil atau lidi ke lubang tersebut

  5. arahkan sedotan atau pinsil, atau lidi ke arah utara. (Bagi yang nggak punya kompas, silahkan lirik cara menentukan utara dengan bayangan di tulisan Menentukan arah tanpa kompas.)

  6. 1327736738944370536


Silahkan mencoba :)

CATATAN: Jangan taruh jam matahari ini di dalam rumah ya.....nggak ada bayangannya dong....haghaghagahag

Tulisan lain yang mungkin bermanfaat

4 comments:

  1. tak taruh pas malem aja jamx.... wkwkwk

    ReplyDelete
  2. xixixixi.......terus tempelin jam tangan di kotak serealnya :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih artikel yang sangat bagus dan bermanfaat insyaAllah... Tapi saya ingin tanya, untuk kemiringan GNOMON agar akurat, maka harus sejajar dengan khatulistiwa, jika saya berada di 7 derajat LS, maka dimiringkan ke utara gitu? Trm Kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Arif, maaf baru bisa balas.
      Karena Mas Arif ada di selamat, gnomon nya di arahkan ke utara lalu dimiringkan sekitar 7 derajat

      Delete