Sabtu, 21 Desember 2013

Cara Mudah Membuat Topeng Angry Birds

Setiap akhir pekan, anak saya yang tengah pasti mendapat PR “proyek” dari sekolahnya untuk dikerjakan bersama orang tuanya. PR kali ini adalah membuat topeng burung.

Membuat Desain

“Mau bikin topeng burung apa Sa?”, tanya saya kepada Nisa anak saya. “Topeng burung Angry Bird!” jawabnya mantap. Lalu saya minta Nisa yang sekarang di kelas 1 SD untuk membuat sketsa desain topengnya. Hasilnya adalah sketsa di bawah ini :)

13779614312078902950

Membuat Gelembung Sabun Lebih Kuat dengan Ekstrak Daun Kembang Sepatu

Saat berjalan pagi dengan anak tercinta hari ini, kami melewati sederetan pohon kembang sepatu. Saya ingat waktu dulu masih kecil pernah diajarkan jika pohon dengan bunga yang indah ini ternyata sangat berguna untuk membuat gelembung sabun yang lebih kuat.

13780062921201406633

Jangan Anggap Remeh Anak Anda

“Abi, hari rabu besok ada pawai sepeda di sekolah”, Nisa memberi kabar.
Waduh, gawat nih, pikir saya. Gawatnya karena ada 2 hal, yang pertama kita belum punya sepeda dan yang kedua, Nisa belum bisa naik sepeda. Apa bisa Nisa dapat naik sepeda sebelum rabu?.

Membeli Sepeda

Setelah menyingkirkan segala pikiran gawat tadi, akhirnya kita putuskan untuk membeli sepeda pada hari Sabtu kemarin. Lalu jenis sepeda apa yang harus dibeli?, ternyata ukuran sepeda ditentukan oleh tinggi badan. Berdasarkan petunjuk berikut, untuk Nisa saya harus membelikan sepeda dengan ukuran pelk 16″. Ternyata untuk jenis ukuran ini, semuanya beroda empat.

13834644993020006
http://www.bikebarn.co.nz/size-guides/#Target26

Membuat Foto 3D dengan Bantuan GIF Creator

Saat membolak-balik buku “General Chemistry” yang sudah lama tidak dibuka, tiba-tiba pandangan saya tertumbuk pada gambar ilustrasi di sebuah halaman.

Saya ingat betul gambar tersebut dengan bantuan alat khusus bisa menjadi gambar 3 dimensi. Sayang, alat 3D viewernya (Stereoscope, istilah yang dipakai pengarang buku tersebut) sudah saya preteli untuk membuat teleskop :)

Alhasil saya coba jelajah lagi internet untuk mencari tahu bagaimana cara membuat 3D viewer tersebut. Setelah ubek-ubek sebentar, ketemulah alamat ini http://www.instructables.com/id/3D-Stereoscopic-Photography/?ALLSTEPS yang menerangkan cara membuat gambar 3D dan 3D viewernya sekaligus.

Sayangnya 3D viewernya harus menggunakan lensa, jadinya untuk tulisan ini saya hanya fokus bagaimana cara membuat gambar 2D menjadi seolah-olah “3D” dengan bantuan GIF creator.

Membuat Permainan Tanaman Angka untuk Anak

Pekan kemarin diadakan parenting”workshop matematika” di sekolah Nisa. Saat datang, masing-masing orang tua diberi tahu penilaian guru kepada anak tentang konsep puluhan dan satuan serta operasi penjumlahan. Penilaian tidak diberikan dalam angka tapi dalam konsep seperti berikut
  • Nilai A berarti anak mengerti konsep, hasil pekerjaannya benar dan tepat waktu.
  • Nilai B berarti anak mengerti konsep, hasil pekerjaannya benar tapi butuh waktu yang lebih lama.
  • Nilai C berarti anak mengerti konsep, tepat waktu tapi kurang teliti
  • Nilai D berarti anak mengerti konsep kurang teliti dan butuh waktu yang lebih lama
Nilai Alhamdulillah Nisa mendapat nilai C (keturunan Bapaknya yang selebor dan gak sabaran :)
Alih-alih kita mendapatkan pengarahan dari sekolah tentang bagaimana agar nilai anak meningkat, pihak sekolah malah menantang orangtua untuk membuat permainan agar anak dapat menaikan nilainya dengan menyenangkan. Masing-masing orangtua dengan grup nilai yang sama dikumpulkan dalam satu kelompok.
Berikut adalah hasil kreasi dari kelompok C

Membantu si Kecil Membuat Istana

Pagi kemarin, Nisa sedang mengerjakan tugas menulis akhir pekan dari sekolahnya. “Abi, hari ini kita bikin istana ya!” pinta Nisa. Ternyata,dalam tugasnya Nisa menuliskan gagasannya untuk membuat istana dari karton bekas.

13864142911180828655

“Istana” Nisa cukup sederhana, terdiri dari 4 menara kecil di masing-masing sudut dan 1 menara besar di tengah-tengah. Masing-masing menara dilengkapi dengan atap segi tiga.
Jadilah akhirnya kita main tebak-tebakan bentuk dan dimensi. Sebelum membuat istananya, kita bisa mengenalkan anak bagaimana memindahkan bentuk 2 dimensi dalam buku tugasnya menjadi bentuk 3 dimensi.

Bermain dengan Garpu Ajaib

Sebenarnya ini adalah trik dasar permainan keseimbangan. Namun tetap saja selalu berhasil membuat kagum buat saya dan anak-anak.

13864701441183267191

Lihat saja, garpu yang bisa seimbang pada ujung tusuk gigi adalah sesuatu banget kan :)

1386470221183401316