Halaman Kami


Thursday 21 March 2013

Membuat Speedometer di Excel

Awalnya saya nggak yakin kalau saya bisa bikin speedometer keren seperti ini di Excel



tapi dengan mengikuti panduan yang diberikan di video youtube berikut, saya berhasil membuatnya dengan sukses





Panduan yang diberikan sangat jelas dan saya tidak kesulitan sama sekali mengikutinya.

Ide dasarnya adalah membuat dua chart, yang satu Chart-Donut yang akan kita warnai dengan hijau, jingga dan merah. Chart yang lainnya adalah pie-chart yang akan menjadi jarumnya.

Pertama-tama buat 2 tabel untuk sumber data masing-masing chart



Penyeimbang 200 di baris paling akhir berisi formula "=200-sum(baris di atasnya)". Ia berfungsi untuk bagian setengah lingkaran yang kita sembunyikan.

Hanya saja pada saat saya mencoba mengganti chart yang kedua menjadi Pie-Chart, yang saya dapati adalah pie chart saya terletak di bawah Donut-Chart seperti ini.



Untuk menampilkan pie chart di depan, saya hanya perlu meng-klik pie chartnya, lalu klik kanan dan pilih opsi "secondary aksis"



Dengan langkah ini, maka jarum pie-chart saya sudah berada di depan chart Donut. Lalu selanjutnya mengikuti kembali langkah-langkah yang ada di video tersebut, dan tambahkan sedikit pemanis, maka akan kita dapatkan speedometer di awal tulisan.

Mudah bukan :)

No comments:

Post a Comment