Halaman Kami


Tuesday, 8 November 2011

Bermacam Cara Mengukur tinggi pohon kelapa

Hari ini rencananya mau jalan sekitaran rumah sama keluarga sekalian bakar kalori.

Biar tambah manfaat, sekalian aja coba ngukur tinggi benda ah sama Fatih. Dulu pas pertamakalinya belajar trigonometri oleh Pak Oktori, disebutkan bahwa kita bisa mengukur tinggi benda dengan menggunakan sudut ....lihat videonya disini

Tapi berhubung Fatih belum belajar konsep sudut, ya enaknya pake cara perbandingan deh...berikut alternatifnya


memakai tongkat


Untuk cara ini modal kita cuma benda yang punya tinggi 1m lebih tinggi dari mata pengukur.

Caranya;
  • benda (kita sebut saja tongkat) ditaruh di jarak yang cukup dari pohon (kira-kira sendiri)
  • pengukur kemudian mundur perlahan-lahan sampai puncak pohon tepat sama dengan puncak tongkat dalam penglihatannya
  • t = y/x sedangkan tinggi pohon = t ditambah dengan tinggi mata pengukur.

Memakai Sedotan


Cara ini prinsipnya hampir sama dengan cara tongkat. Sedotan dipegang tegak lurus sejajar mata dengan tangan terentang menghadap pohon. Sedotan (digambar yang berwarna jingga) kemudian didekatkan ke perlahan-lahan ke arah mata pengukur sampai tinggi sedotan sama dengan tinggi pohon dalam penglihatan pengukur. Selanjutnya lihat animasi berikut

  • sedotan kemudian diputar sampai sedotan sejajar dengan tanah.
  • minta teman anda bergerak sampai posisinya sama dengan posisi ujung sedotan
  • jarak antara pohon dengan teman anda adalah tinggi pohohn

Memakai Bayangan


Cara ini paling simple karena tanpa alat bantu tongkat atau sedotan. Caranya tinggal ukur panjang bayangan benda pohon dan panjang bayangan kita. maka tinggi pohon adalah tinggi kita dikalikan dengan y/x.


Memakai Foto
Minta teman anda untuk berdiri tepat di samping pohon. Ambil jarak sehingga seluruh tinggi  pohon bisa difoto.

Tinggi pohon adalah tinggi sesungguhnya teman anda di kali dengan perbadingan tinggi pohon dan teman anda dalam foto.

Di coba dulu ah sama Fatih week-end ini

Artikel lain yang mungkin bermanfaat

No comments:

Post a Comment