Halaman Kami


Friday 11 November 2011

Animasi Dasar (1) Key frame dan tween frame

Sekitar bulan Juli saya membeli buletin PC Plus dengan bonus CD. Satu konte dalam CD tsb yang menarik saya adalah software untuk membuat animasi flah dari vectorian Giotto.

Untuk yang nggak punya CD PC Plus nggak usah khawatir karena software tersebut bisa di download dengan gratis di http://vectorian.com/giotto/

Setelah celingak-celinguk sana-sini cari tutorial. Berikut saya buat tutorial dasar versi saya sendiri dimulai dari istilah penting

  • Frame, saya menterjemahkan satu frame sebagai satu gambar
  • kecepatan frame saya terjemahkan sebagai berapa banyak gambar yang tampil selama satu detik. Nilai bawaan vectorian giotto adalah 12 fps (frame per second atau 12 gambar per detik)
  • Adalah sangat sulit bagi animator pemula untuk membuat 12 gambar hanya untuk satu detik.
  • Vectorian Giotto memberikan kemudahan untuk animator pemula untuk menggambar satu frame dan menduplikasi frame tersebut sebagai frame kunci (key frame) pada waktu yang dipilih.
  • Dengan dua frame yang telah ada, animator dapat mengatur posisi awal dan posisi akhir dari benda yang digambar
  • di tengah-tengah waktu frame awal dan akhir, animator dapat menyisipkan tween frame dan Giotto akan otomatiss memperkirakan gambar apa yang harus dibuat untuk mengisi setiap waktu frame sehingga menghasilkan pergerakan yang mulus.
Silahkan lihat tutorial yang saya buat berikut agar lebih jelas.


Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment