Halaman Kami


Friday, 13 March 2015

Balikpapan Punya Gedung Kesenian Setara TIM Jakarta, Lho!

Dasarnya kita orang gak gaoool, baru tahu kalau di Balikpapan ternyata ada gedung kesenian keren.
Itupun tahunya karena acara akhir tahun sekolah si bungsu diadakan disitu :)
Kereen kan!
Kereen kan!
Gedung Kesenian Balikpapan (GKB) ini memiliki desain yang unik. Dindingnya berhiaskan tameng atau perisai dayak yang unik.

Tampak depan - Pintu masuk lobi
Tampak depan - Pintu masuk lobi
Tampak depan samping
Tampak depan samping
Fasilitas

GKB ini dibangun sejak Juli 2012 dan telah diserahterimakan dari kontraktor ke Dinas PU Balikpapan pada Desember 2013 lalu. Luas lahannya seluas 16.300 meter persegi dengan luas bangunan utama seluas 6.200 meter persegi. Luas sisanya dipergunakan sebagai lahan parkir dan ruang terbuka hijau.

GKB terdiri dari 3 lantai dengan kapasitas 1000 orang. Lebih besar dari kapasitas TIM yang hanya 800 orang. 1000 tempat duduk ini disusun bertingkat dari lantai dasar hingga lantai teratas dengan panggung pementasan (12x20 meter persegi) terletak di lantai dasar.
Tempat duduk penonton
Tempat duduk penonton
Lantai 1 dari gedung ini adalah hall yang rencana digunakan untuk galeri lukisan atau hasil karya seni lain para seniman lokal Balikpapan. Sementara lantai 2 akan digunakan sebagai lobi dari GKB ini.

Pintu masuk utama ke lobi
Pintu masuk utama ke lobi
Di tahun 2014 ini rencananya akan dibangun juga teater terbuka di luar area gedung utama.


Jangan Makan dan Minum

Untuk menjaga kebersihan, maka pengelola gedung mewanti-wanti kepada penonton dan penyelenggara acara agar tidak makan dan  minum di area pementasan. Hanya air mineral yang boleh dibawa ke dalam area pementasan.

Walau demikian tidak perlu khawatir, area makan dan minum telah disediakan di lantai 2. Sayangnya belum banyak tempat sampah yang tersedia.
Area lobi, bisa untuk makan-minum
Area lobi, bisa untuk makan-minum
Mudah-mudahan gedung ini bisa dimanfaatkan maksimal, baik oleh seniman kota Balikpapan, oleh warga maupun oleh pemerintah kotanya.
Suasana pementasan
Suasana pementasan
Habis hujan
Habis hujan