Halaman Kami


Tuesday, 22 November 2011

Bermain dengan balon


Belajar yang menarik ternyata nggak perlu mahal. Dengan memanfaatkan internet, kita bisa banyak mendapatkan materi belajar yang menarik.

Salah satu contohnya adalah belajar dengan balon. Cukup bermodal utama balon (yang harganya lebih murah dari pada beli fast food yang paling murah sekalipun) kita bisa melakukan banyak permainan yang mengasyikkan. Nggak percaya?? nih buktinya;


1. Rambut berdiri


Ini permainan klasik yang selalu mengasyikan. Tiup balon, dan gosok-gosokkan ke rambut kita. Ketika balon kita angkat, maka rambut kita akan menempel ke balon :)




2. Balon Menempel
Dari percobaan pertama, jika listrik statis yang dihasilkan dari gosokan balon dengan rambut kita cukup kuat, maka ketika balon kita lepas dari tangan kita, maka balon bisa menempel di rambut kita.

Menempel di rambut
Menempel di rambut
atau bahkan menempel di dinding



3. Hantu Balon
Buat dan gunting gambar hantu dari kertas tisu dengan tinggi sekitar 4cm. Gosokan balon ke rambut sekitar 10 detik. Lalu dekatkan balon pelan-pelan ke kertas tisu dan lihat apa yang terjadi. Kertas tisu yang  tergeletak dimeja akan perlahan-lahan berdiri sendiri.





4. Membengkokan air
Gosokan lagi balon ke rambut, lalu dekatkan balon ke air keran yang mengalir. Ternyata aliran air yang jatuh bisa dibelokan!!
1321918149727991492




5. Balon yang saling membenci
Tiup dua balon dan ikat balon dengan benang. Gosok kedua balon ke rambut. Lalu pegang benang tepat ditengah. Kedua balon teryata saling menjauh :)





6. Menarik Kaleng Alumunium
Balon yang telah digosok rambut ternyata juga cukup kuat untuk menarik kaleng dari alumunium!!!!





7. Hovercraft
Mulai permainan ke 7,  tidak lagi melibatkan listrik statis.
Membuat hovercraft dari balonpun ternyata cukup mudah. Versi membuatnya banyak tersebar di Internet. Saya pilihkan dua link yang bisa mewakili.

http://www.thenakedscientists.com/HTML/content/kitchenscience/exp/diy-cd-hovercraft/
http://www.ehow.com/video_4416783_demonstration-balloon-hovercraft-experiment-kids.html




8. Sate Balon
Bingungkan, kenapa kok balon bisa disate tanpa pecah. Rahasianya ternyata berada di pilihan tempat untuk menusuk. Pilihlah area dimana karet balon lebih tebal dari area lainnya. Ini biasanya berada di dekat lubang tiup dan area yang tegak lurus dengan lubang tiup.





9.  Balon aneh
Jika dua balon yang ditiup dengan besar yang berbeda lalu dihubungkan dengan selang. Ternyata bukan balon kecil yang membesar dan balon besar yang mengecil. Yang terjadi adalah sebaliknya, balon kecil semakin mengecil dan balon besar semakin besar.

Ternyata balon yang lebih kecil memiliki tekanan yang lebih tinggi dari balon besar sehingga udara bergerak ke arah balon besar. Hal ini dibuktikan saat kita meniup balon. Pada saat awal tiupan sangat susah sekali bukan??
http://en.wikipedia.org/wiki/Two-balloon_experiment
http://www.youtube.com/watch?v=yURomiwg9PE&feature=related




10. Di bakar nggak meledak
Ternyata balon bisa nggak meledak kalo di bakar, caranya mudah. Masukan air ke dalam balon sebelum balon ditiup :)

Mudah dan murah bukan :) .... ayo kita coba sendiri. Jika anda punya ide balon lain jangan lupa dishare.


Artikel lain yang mungkin bermanfaat