Halaman Kami


Sunday, 30 October 2011

Seri permainan tradisional: GALASIN

Suka bingung sendiri ngelihat anak-anak jaman sekarang main. Kalau nggak main game online, pasti main PS atau Nintendo.

Lumayan kangen juga dengan permainan tradisional waktu jaman kita kecil dulu. Yang pertama nyangkut dimemori adalah permainan galasin atau galah asin atau gobak sodor. Cara mainnya simpel dan cukup membuat tubuh bergerak dan berkeringat :)

Yang dibutuhkan
10 orang (5 sebagai penjaga, 5 sebagai penyerang)

Lapangan yang cukup lapang (biasanya kita pakai lapangan bulutangkis)

CARA BERMAIN

Tim Penjaga
Tim penjaga terdiri dari 5 orang. 4 orang menjaga garis horisontal, dan 1 orang menjaga garis vertikal (yang ditandai dengan "X')). Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya. Panah biru menunjukan arah gerak masing-masing pemain. Klik gambar untuk melihat animasinya


Masing-masing orang dalam tim penjaga bertugas untuk menghalau penyerang yang akan melewati garis yang menjadi tanggung jawabnya. Ia juga bertugas untuk sebisa mungkin menyentuh lawan.


Tim Penyerang
Tim penyerang juga terdiri dari 5 orang.Tim penyerang bertugas untuk melewati tim penjaga sampai penjaga yang paling atas (lihat ilustrasi berikut, Klik gambar untuk melihat animasinya)
Penyerang yang telah melewati penjaga terakhir, harus kembali lagi ke titik awal dengan melewati masing-masing penjaga. lihat lagi ilustrasi berikut,  Klik gambar untuk melihat animasinya

Jika seluruh pemain telah kembali ke titik awal tanpa tersentuh oleh penjaga, maka tim tersebut dinyatakan menang. Jika tim penjaga berhasil menyentuh tim penyerang, maka tim penjaga akan berganti peran menjadi tim penyerang demikian juga sebaliknya.

Silahkan dilihat video berikut agar lebih terasa serunya (ternyata permainan ini di Malaysia juga ada, namanya Galah Panjang)




Hebooh dan seruu kan...........Yuk selamat mencoba :)