Halaman Kami


Wednesday, 2 November 2011

Memiliki Planetarium sendiri

Buat yang tinggal di Jadebotabek, mau ke Planetarium yang di TIM kok ya sepertinya males banget....macetnya nggak nahan.

Apalagi buat yang tinggal di daerah lainnya, Planetariumnya nggak ada :)

Sebenernya ada planetarium yang murah dan gratis.....deket lagi. Nggak percaya? coba aja ke lapangan deket rumah....;terus tengok ke langit, tuh kan planetariumnya ketemu....gede banget lagi :D


Sayangnya dengan tingkat polusi udara, dan polusi cahaya yang tinggi, kenikmatan menikmati bintang di kota-kota besar sekarang sudah nggak asyik lagi. Lain ceritanya kalau di desa..."Semua bintang pada keluar"

Ada satu alternatif murah untuk menghadirkan planetarium di rumah kita. Namanya "STELLARIUM", sebuah opensource gratis, yang bisa kita download di stellarium.org.



Apa saja sih kecanggihannya

Simulasi Langit
Stellarium dapat mensimulasikan langit di kota yang kita pilih. Layarnya juga bisa diputar 360° dari selatan hingga balik ke selatan lagi.



 Tracking Posisi dan Teleskop Gratisan
Mau tahu posisi benda langit? tinggal ketik dan nati Stellarium yang nyariin.
Begitu udah ketemu, ternyata bisa di zoom loh sehingga detail benda langitnya nampak




Mengenal Rasi Bintang


Tracking Posisi
Posisi benda langit akan mudah dicari jika kita tahu azimuth dan latitudenya atau pun koordinat bujur dan lintangnya



Perputaran Langit

Sebagaimana matahari, benda langit pun tebit dan terbenam. Tinggal percepat waktu putarnya, maka perpindahan lokasi benda langit selama 24 jam bisa dilihat. Untuk pegerakan benda langit, azimuthnya akan saya sembunyikan karena lebih asyik melihat perputaran benda langit dengan equoatoial grid.


Pindah Langit
Pingin tahu gimana sih langit Paris atau Sydney, tinggal pilih aja kota favoritmu dan nikmati langitnya. Berikut videonya

Paris






Sydney



Masih banyak lagi kemampuan Stellarium yang bisa kita jelajah. Yuk kita menjelajah :)

Artikel lain yang mungkin bermanfaat