Halaman Kami


Friday, 16 December 2011

Tekanan Udara yang Menakjubkan

Sudah menjadi pengetahuan umum jika tekanan udara normal adalah 1 atm. Dan sudah menjadi kewajaran pula kita merasakan kalau tekanan tersebut tidak berbahaya buat kita.


Tapi tahukah kita kalau tekanan 1 atm cukup buat meremukkan tangki yang didesain untuk tahan terhadap tekanan dari dalam. Syaratnya adalah adanya kondisi vakum di dalam tangki tersebut
Kalau tidak percaya, silahkan lihat gambar berikut


http://publish.ucc.ie/boolean/2010/00/dePaor/11/en


http://publish.ucc.ie/boolean/2010/00/dePaor/11/en

lebih menakjubkan lagi lihat video berikut
http://www.youtube.com/watch?v=Zz95_VvTxZM



Mencoba sendiri di rumah


Dengan modal kaleng minuman ringan, kompor dan air dingin, kita bisa membuat situasi yang sama dengan gambar diatas.


Jika anda melakukan percobaan ini dengan anak-anak mohon di awasi dengan hati-hati karena percobaan ini melibatkan panas.


Agar berhasil, sebelum dipanaskan kaleng diisi dengan air 1/4 bagian. Lalu saat dimasukkan ke air dingin, posisi lubang harus berada di bawah.










Kok Bisa?


Kejadian di atas pada dasarnya disebabkan oleh perbedaan tekanan di dalam dan diluar kaleng. Tekanan di dalam kaleng jauh lebih kecil (hampir vakum) dibandingkan tekanan atmosferik di luar kaleng.


Kondisi vakum terjadi karena uap air di dalam kaleng soda berubah menjadi air karena perubahan temperatur yang ekstrem dari panas ke dingin


Jika 1 liter uap air berubah seluruhnya menjadi air pada tekanan udara normal maka ia hanya memiliki volume kira-kira sebesar 0,00169 L (diambil dari specific volume uap air pada 1 atm, http://www.thermexcel.com/english/tables/vap_eau.htm).


Artinya, tekanan di dalam kaleng soda menjadi hampir vakum sehingga tekanan udara luar yang lebih besar dapat meremukkan kaleng soda.




Selamat mencoba (dan hati-hati ya!!) :D

Artikel lain yang mungkin bermanfaat