Halaman Kami


Wednesday 28 December 2011

Rahasia Layar LCD

Asyiknya punya mikroskop atau lensa super makro sendiri, bisa asyik membidik benda-benda kecil. Saya berasa seperti “Dora” yang berpetualang ke dunia ajaib (#edisi lebay…jangan ditiru :D )

Kali ini korban bidikan saya adalah layar komputer. Saat saya mengarahkan lensa makro, tadinya saya berharap akan menemukan pembesaran pixel dengan macam-macam warnanya……ternyata TING-TONG….saya salah!!!. 

Ternyata yang saya temukan cuma 3 warna sodara-sodara….merah, hijau dan biru. Asli saya nggak ketemu sama warna lainnya, padahal udah saya ubek-ubek itu layar monitor.




Penjelasan

Konon katanya [1], mata manusia memiliki tiga sensor yang hanya setiap sensor hanya sensitif terhadap panjang gelombang tertentu. Satu sensor sensitif terhadap cahaya tampak dengan panjang gelombang panjang (warna merah), panjang gelombang medium (hijau) dan pajang gelombang pendek (biru)

Kalau cahaya yang diterima mata biru, maka akan diterima oleh sensor biru dan sinyal diteruskan ke otak sebagai warna biru dan seterusnya akan sama berlaku untuk cahaya merah dan hijau.

Akan tetapi hal yang berbeda akan terjadi jika dua warna atau lebih diterima masing-masing sensor saat yang bersamaan. Pada ukuran tertentu, sensor tidak lagi bisa membedakan masing-masing warna, dan otak seolah-olah akan menterjemahkan dua warna tersebut sebagai warna “baru”.

Misalnya, kalau cahaya merah dan hijau diterima sensor saat bersamaan, maka pada level pixel monitor sinyal yang sampai diotak tidak diterjemahkan sebagai merah dan hijau melainkan sebagai warna kuning.

Dan ternyata, hal inilah yang mendasari jenis warna primer RGB [2]

Roda warna RGB
Roda warna RGB

Apa yang saya temukan dalam kasus layar monitor ternyata mendukung teori tersebut. Berikut apa yang saya dapat di layar monitor saat menjepret warna kuning di layar dengan lensa super makro

13251277152139997021
GIMP editor R:255 G:255 B:0
13251277641836124382
   Layar Monitor
                               
Dari gambar diatas terlihat bahwa secara software, untuk mendapatkan warna kuning setingannya adalah Red:255, Green:255 dan Blue:0.  

Sementara di layar monitor cahaya merah dan hijau aktif sementara cahaya biru berada pada tidak aktif.

Warna dan Jepretan lainnya;

1325128300160961555
GIMP editor R:0 G:255 B:255
13251287181658135165
Layar Monitor
                           
Yang paling menakjubjan buat saya adalah saat ketiga warna tersebut aktif, yang saya dapatkan malah warna putih

13251287672142642025
GIMP editor R:255 G:255 B:255
1325128802244317593
Layar Monitor
                    

16 Juta Warna

Kalau saya simpulkan ternyata;
  • yang disebut satu pixel dalam layar monitor (entah itu TV atau monitor) adalah bagian terkecil yang mengandung 3 elemen warna, yaitu merah-hijau-biru

  • masing-masing elemen warna memiliki intensitas dari skala 0 sampai 255 (0 adalah intensitas paling gelap sedangkan 255 adalah intensitas paling terang)

  • kombinasi warna dan intensitas yang berbeda akan menghasilkan sensasi warna yang berbeda

  • dari 3 warna tersebut dapat dihasilkan 256×256x256=16 777 216 warna. Woww, ternyata klaim para produsen TV, komputer dan HP tidak mengada-ada!!!!

Mencoba sendiri dengan Excel

Masih penasaran, silahkan coba dengan menggunakan microsoft excel anda. Berhubung saya tidak punya excel, maka saya gunakan LibreOfficeCalc untuk melakukan percobaan tersebut. Caranya;
  • pilih kolom A dan isi dengan warna merah

  • pilih kolom B dan isi dengann warna hijau

  • atur lebar kolom A dan B sekecil mungkin

  • copy kolom A dan B sebanyak-banyaknya di layar

  • atur level Zoom ke posisi paling kecil
Hasilnya
13251319041432279417
pembesaran 20%=warna kuning? (Maaf gambarnya nggak bisa diperkecil karena warna kuningnya malah hilang)


Kalau ukuran aslinya, adalah sbb
13251319831872050671

Ternyata dunia memang penuh warna :)



Sumber ide
[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Color_vision
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Primary_color

Artikel lain yang mungkin bermanfaat

No comments:

Post a Comment