Halaman Kami


Saturday 24 December 2011

Membuat Mikroskop Sendiri


Prinsip Dasar

Jika anda memiliki dua lensa cembung dengan titik api sekitar 2.5 cm, maka anda dapat membuat mikroskop sendiri. Prinsip kerjanya mirip dengan saat membuat lensa macro, hanya saja anda tinggal menganti posisi sensor kamera dengan lensa okuler (lensa yang berhadapan dengan mata pengamat).




Modal yang dibutuhkan


1 buah bohlam kecil jantung untuk lensa objektif (lensa yang berhadapan dengan benda yang di amati)

13221589491469478255



Pecahkan bohlam, dan ambil bagian lensa cembung yang di lingkari merah. Hati-hati tajam, jika mampu, amplas pecahan yang tajam agar tidak berbahaya.


1 lensa okuler
Untuk lensa ini bisa digunakan lensa kamera yang sudah rusak, atau lensa okuler dari teleskop, atau lensa cembung lainnya. Alternatif murahnya (walaupun kualitas gambar akan berkurang) adalah menggunakan loop mainan yang biasanya ada di penggaris.


1 selongsong, dalam hal ini saya menggunakan karton hitam.


1 tempat benda pengamatan, dalam hal ini saya menggunakan kardus bekas jus minuman




Cara merakit

Saya tidak akan berdetail ria untuk cara merakit mikroskop ini karena memang tidak ada standar yang baku. Silahkan berkreasi sendiri :). Mikroskop yang saya susun pada akhirnya berbentuk seperti ini
13247326831523348591




Hasil Pengamatan

Sayangnya saya belum tahu bagaimana mengambil gambar yang tajam dengan mikroskop ini. Sebagai alternatifnya, saya gunakan selongsong dan lensa okuler untuk dirangkaikan ke kamera menjadi lensa macro seperti ini

13247328512030442602


Benda asli dan hasil potret macro, ukuran aslinya tanpa krop (lihat kepala ikan di kotak merah)

ini korban pengamatan saya, sepotong ikan teri yang tersangkut di jeruk :)
1324733088679239473 1324733132979159912

Ini baru pembesaran yang diperoleh dari menggunakan lensa macro rakitan. Yang jelas pembesaran yang dapat anda peroleh jika menggunakan mikroskop bisa 5 kali lipat dari sekedar menggunakan lensa macro.

Artikel lain yang mungkin bermanfaat



No comments:

Post a Comment