Halaman Kami


Thursday, 21 March 2013

Air Ajaib Anti Gravitasi (2) - Keajaiban Gaya Centripetal

Pertanyaan: Bagaimana caranya agar air di dalam gelas tidak tumpah saat gelas dibalik?

Di tulisan sebelumnya kita sudah membahas sulap air anti gravitasi. Pada tulisan ini, saya ingin bernostalgia dengan permainan yang saya anggap ajaib waktu kecil dulu.

Dengan hanya bermodalkan seutas tali, kita dapat menahan air tetap pada wadahnya, di posisi apapun wadah tersebut berada.



Cara Bermain

Siapkan gelas plastik transparan berisi air. Silahkan pakai bekas gelas plastik minuman kemasan.

Lubangi gelas plastik di sisi kanan dan kiri.

Siapkan tali rafia yang cukup panjang, dan selipkan masing-masing ujung tali ke masing-masing lubang dan ikat tali sehingga kuat memegang gelas.

Ikat bagian tengah tali seperti berikut



Lalu mulailah putar tali dan gelas secara kuat



Ajaib, air di dalam gelas tidak tumpah

Apa yang Terjadi?

Jika sebuah benda bergerak, maka ia memiliki kecepatan dan arah. Setiap benda cenderung bergerak dalam arah yang tetap kecuali ada gaya lain yang mempengaruhinya.

Misalnya, jika kita menggelindingkan bola pada bidang yang datar tanpa sudut, maka bola itu akan bergerak dalam arah yang lurus.

Pada percobaan kita, gelas yang berisi air pun sebenarnya akan bergerak lurus. Akan tetapi, gerak lurus itu dipengaruhi oleh gaya pada tali ke arah pusat putaran (tangan kita). Akibatnya arahnya berubah hingga membuat pola lingkaran seperti di ilustrasi berikut.



Gaya yang terjadi pada tali dan mengarah ke pusat putaran kita kenal dengan nama gaya centripetal. Gaya inilah yang menjaga air berada pada wadahnya.

Jika tali kita lepas, maka gaya centripetal otomatis akan hilang. Pergerakan benda kini hanya akan dipengaruhi oleh panah abu-abu. Artinya, benda akan bergerak jatuh bebas ke arah panah abu-abu terakhir saat tali dilepas.

Apakah aplikasi di dunia nyata yang menggunakan prinsip ini?

Kita akan banyak menemukan gaya centripetal ini diterapkan terutama pada dunia hiburan, seperti pada roller coaster, dan juga atraksi motor "Tong Setan"

Roller Coaster (http://cleveland.about.com)
Sumber: Roller Coaster (http://cleveland.about.com)
Tong Setan (http://www.dapurpacu.com)
Sumber: Tong Setan (http://www.dapurpacu.com)


Tertarik mencoba? :)