Halaman Kami


Friday, 13 March 2015

Belajar Ilmu Totok Jari Mentari - Kaisar Selatan

Dalam cerita silat Chin Yung, ilmu totok jari mentari (It Yang Ci) adalah jurus andalan dari Kaisar negri Tayli, It Teng Taysu. Ia Dalam cerita seri pendekar rajawali sakti, adalah salah satu lima pendekar penguasa rimba persilatan saat itu dengan julukan Kaisar Selatan.

Ilmu Totok jari mentari memiliki tingkat yang sama dengan ilmu 18 tapak naga Pengemis Utara (Ang Cit Kong), ilmu sentilan jari sakti Sesat Timur (Oey Yok Su), ilmu kodok burik Racun Barat (Aw Yang Hong).
http://komikonline4u.blogspot.com
Mempelajari Ilmu Totok Jari Mentari
Saya dapat bocoran, kalau ilmu Totok jari mentari level 1 bisa dipelajari oleh orang awam seperti kita ini.
pertama-tama, siapkan satu baskom air.

lalu masukan bubuk lada, atau bedak ke dalam baskom tersebut ( makin banyak makin bagus)
oleskan sabun ke jari kita


ambil nafas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan.
masukan jari ke dalam baskom sambil berteriak dengan semangat "totokan jari mentari!!!!!!"
Tenaga gaib dari ilmu Totokan jari mentari
sahabat akan terheran-heran betapa jari kita seolah memiliki tenaga dalam. Hal itu terlihat dari bubuk lada atau bedak yang mendadak terdorong menuju pinggir baskom

Rahasianya
wkwkwkwk....sebenarnya tanpa mengambil nafas dan berteriak "totokan jari mentari" pun, si lada atau bedak akan otomatis terdorong ke pinggir baskom.

kuncinya ada pada sabun yang ada di ujung jari kita.

sabun akan menurunkan pegangan permukaan air sehingga permukaan air seolah-olah bergerak dari permukaan dengan tegangan permukaan yang rendah (air di sekitar ujung jari kita) menuju ke air dengan tegangan permukaan yang lebih tinggi (di pinggir baskom). Hal ini dapat dilihat dari ilustrasi berikut.
13912923641588854563
Pada baskom berisi air, ada setidaknya 3 gaya yag bekerja

  • antar molekul air terjadi gaya tari menarik yag disebut gaya kohesi. Pada air yang  berada di dalam, besarnya gaya kohesi ini =0 karena air ditarik dan pada saat bersamaan menarik dengan besar gaya yang sama.

  • Di permukaan air, molekul air memiliki tegangan permukaan karena molekul air dipermukaan  memiliki bagian yang bersentuhan dengan udara. Bagian ini tidak punya gaya adhesi. akibatnya molekul air permukaan seolah-olah tertarik ke dalam.

  • Di permukaan baskom, kali ini ada gaya adesi antara dinding baskom dengan air. Gaya ini lebih besar dari gaya tegangan permukaan. Hal ini di tandai pada pipia yang sempit, permukaan air berbentuk cekung.

http://scienceuniverse101.blogspot.com
http://scienceuniverse101.blogspot.com
Saat jari kita memasuki air di baskom, molekul sabun yang ada menutupi molekul air. Akibatnya, gaya kohesi antara molekul air dipermukaan terputus, dan tegangan permukaan menjadi hilang atau paling tidak  menjadi berkurang.
13912931151026467230
Karena gaya tegangan permukaan terputus, maka gaya yang bekerja adalah gaya tegangan permukaan dari molekul air yang belum terselubungi sabun dan gaya adesi pada dinding baskom. Keseimbangan antara gaya menghasilkan gaya tarik yang bekerja menarik"permukaan" dari tengah ke dinding baskom.

Ibarat karet yang direntangkan dan diikat di 2 tiang. maka jika karet itu digunting ditengah-tengahnya, maka karet yang terputus akan segera tertarik ke arah tiang.