Pekan kemarin diadakan parenting”workshop matematika” di
sekolah Nisa. Saat datang, masing-masing orang tua diberi tahu
penilaian guru kepada anak tentang konsep puluhan dan satuan serta
operasi penjumlahan. Penilaian tidak diberikan dalam angka tapi dalam
konsep seperti berikut
- Nilai A berarti anak mengerti konsep, hasil pekerjaannya benar dan tepat waktu.
- Nilai B berarti anak mengerti konsep, hasil pekerjaannya benar tapi butuh waktu yang lebih lama.
- Nilai C berarti anak mengerti konsep, tepat waktu tapi kurang teliti
- Nilai D berarti anak mengerti konsep kurang teliti dan butuh waktu yang lebih lama
Nilai Alhamdulillah Nisa mendapat nilai C (keturunan Bapaknya yang selebor dan gak sabaran :)
Alih-alih kita mendapatkan pengarahan dari
sekolah tentang bagaimana agar nilai anak meningkat, pihak sekolah malah
menantang orangtua untuk membuat permainan agar anak dapat menaikan
nilainya dengan menyenangkan. Masing-masing orangtua dengan grup nilai
yang sama dikumpulkan dalam satu kelompok.
Berikut adalah hasil kreasi dari kelompok C
Tanaman Angka
Konsep yang kami pakai adalah mengenalkan puluhan dan satuan dengan tema Yuk menanam angka!. Permainannya adalah sebagai berikut, anak akan diberikan Pot tanaman angka
Pot tanaman ini bisa dibuka seperti buku
Lubang besar yang terletak di sisi atas adalah
tempat anak meletakkan tanaman puluhan, sedangkan lubang kecil disamping
adalah tempat anak meletakkan tanaman satuan.
Anak juga dibekali dengan 18 tanaman satuan yang diwakili oleh sedotan merah pendek dengan bunga putih seperti ini
Dan juga dilengkapi dengan 8 tanaman puluhan diwakili oleh 10 sedotan panjang yang diikat menjadi satu dan dihias menjadi pohon
Cara bermain Konsep Puluhan dan Satuan
Sebutkan angka 1-50, contohnya 21.
Minta anak kita meletakkan tanaman puluhan dilubang
besar dan tanaman satuan dilubang kecil. Dalam contoh ini, di lubang
besar akan ada 2 tanaman puluhan dan dilubang kecil akan ada 1 tanaman
satuan
Lakukan berulang-ulang sampai anak bisa mengerjakan dengan benar dan tepat waktu.
Cara Bermain konsep operasi penjumlahan
Buka pot tanaman seperti buku.
Contoh soal : 27 + 26
Kerjakan soal 27 di pot kiri dan 26 di pot kanan
seperti langkah permainan konsep puluhan dan satuan di atas. Hasilnya
akan seperti berikut
Tutup pot tanaman dan pindahkan tanaman satuan ke lubang satuan yang terletak di atas
Karena lubang satuan di atas sudah penuh (jumlahnya
hanya 9 lubang), minta anak mengambil satu tanaman satuan lagi dari
lubang kecil di samping sehingga keseluruhan sedotan menjadi sepuluh.
Karena jumlahnya 10, maka kumpulan tanaman satuan tersebut berhak kita masukan ke lubang puluhan
elanjutnya anak diminta menghitung berapa tanaman
puluhan di bagian atas dan tanaman satuan yang tersisa disamping.
Jawabnya tentu saja 5 tanaman puluhan dan 3 tanaman satuan alias 53.
Mudah kan :)
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment