Halaman Kami


Monday, 27 February 2012

CO2 Si Pemadam Api

Apa yang menyebabkan api?


Yang saya pahami sampai saat ini, api bisa terjadi jika tiga unsur berikut berkumpul dengan akrab dengan komposisi tertentu.Lihat gambar segitiga api berikut (sumber: www.calpaclab.com)

segitiga api (sumber: www.calpaclab.com)

Bahan bakar adalah benda yang dapat terbakar, seperti kertas, bensin, kain, kayu dll.

Panas dibutuhkan untuk menguapkan bahan bakar sehingga bisa terbakar, dan selanjutnya panas akan terbentuk dengan sendirinya jika api telah terjadi.

Sementara oxygen berlaku sebagai agen aktif dalam reaksi pembakaran.

Dengan prinsip segitiga api, maka kita bisa mencegah terjadinya kebakaran dengan mencegah berkumpulnya ketiga unsur tersebut. Misalnya dengan meletakkan tabung gas, jerigen minyak di tempat yang jauh dari sumber panas.

Jika kebakaran terjadi, maka api juga bisa dipadamkan dengan memutus salah satu unsur dalam segitiga tersebut.




CO2 Si Pemadam Api

CO2 memiliki sifat sebagai gas yang tidak terbakar, dan lebih berat dari udara. Jika CO2 diarahkan dengan tepat dengan api, maka CO2 dapat menggantikan udara disekeliling sumber api.

Akibatnya, segitiga api menjadi tidak sempurna karena kehilangan unsur oksigen. Alhasil, api pun bisa di padamkan.

Ini menjelaskan, kenapa api lilin bisa mati jika kita tiup. Saat kita membuang nafas, sebenarnya kita membuang CO2 dan uap air hasil pembakaran di paru-paru. Saat kita meniup lilin, sebenarnya kita sedang menyelimuti lilin dengan CO2 dan uap air sehingga api lilin menjadi kehilangan oksigen dan mati.

CO2 sebagai Alat Pemadam Kebakaran

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat temukan  alat pemadam kebakaran yang menggunakan CO2. Type CO2 biasanya ditempatkan pada lokasi yang berdekatan dengan alat elektronik seperti komputer, server, alat instrumentasi, alat laboratorium dan lain-lain.  Type CO2 memiliki karakter yang tidak merusak alat yang dilindunginya.

Ciri khusus yang membedakan CO2 dengan alat pemadam lainya adalah adanya corong plastik yang lebar (biasanya berwarna hitam). Corong ini selain dimaksudkan untuk memudahkan mengarahkan CO2 ke sumber api, juga dimaksudkan untuk melindungi tangan pengguna dari dingin. Gas CO2 yang bertekanan tinggi akan menimbulkan dingin jika melewati lubang nozzle yang sempit.

Berhubung karakter CO2 yang berfungsi sebagai pengusir oksigen. Maka biasanya alat ini tidak ditempatkan di dalam ruangan yang tertutup. Jika  alat pemadam type ini  disemprotkan diruangan tertutup, maka tentu saja akan berbahaya bagi orang yang berada dalam ruangan karena dapat mengakibatkan kekurangan oksigen.

Jika anda terpaksa menggunakan CO2 diruangan tertutup, pastikan jika anda menyemprotkannya saat berada di pintu keluar. Segera tinggalkan ruangan segera setelah CO2 habis, atau saat anda mulai merasa pusing (yang mana yang duluan)

Alat pemadam; CO2 (sumber: www.alibaba.com)

Alat pemadam; CO2 (sumber: www.alibaba.com)
bagan CO2
bagan alat pemadam CO2 (sumber: http://healthsafetyprotection.com)"


Percobaan keren di rumah

Percobaan ini, menggunakan bahan yang sama dengan yang digunakan oleh Mac Gyver di tulisan sebelumnya. Jadi anda hanya membutuhkan baking soda, cuka, lilin dan gelas.
  • Nyalakan lilin di dalam gelas.
  • Campur baking soda dengan cuka di dalam gelas, tunggu beberapa saat
  • tuangkan gelas yang mengandung campuran baking soda+cuka ke gelas yang berisi lilin (lakukan seolah-olah gelas tsb berisi air)
  • ajaib, maka anda akan melihat lilin menjadi mati seperti disiram air yang tidak terlihat