Halaman Kami


Monday, 27 February 2012

Papier Mâché: Memanfaatkan Kertas Bekas

Kertas bekas, dibuang sayang, cuma jadi sampah. Di tangan orang yang kreatif, kertas bekas bisa jadi benda yang bernilai jual.

Saya mencatat banyak tulisan yang sudah beredar di internet (saya ambil tulisan di Kompasiana karena saya juga menulis disana
Khusus untuk tulisan rekan Rony Buol, saya rasa yang beliau tuliskan termasuk ke dalam kategory Papier Mâché. Saya coba cari referensinya di Internet, berikut ringkasan yang saya dapat.


Untuk membuat Papier Mâché, bahan-bahan yang harus disiapkan

Kertas Bekas
Kertas koran adalah bahan yang umum dipakai. Kertas koran digunakan sebagai bahan untuk lapisan kertas pertama sampai ketiga.

Kertas photo copy, dipakai sebagai bahan untuk lapisan terakhir. Warnanya yang putih akan memberikan kemudahan untuk di warnai.

Potong kertas seukuran kurang lebih 2,5 x 15 cm. Kertas yang disobek akan memberikan hasil yang lebih baik dari yang digunting, karena sobekan kertas akan merekat lebih kuat.

Cetakan
Cetakan ini adalah tempat kertas ditempelkan. Segala bahan yang solid bisa dipakai untuk cetakan. Contoh, box kardus, atau bola plastik yang dipotong setengah juga bisa digunakan. Pemakaian lilin bentuk bisa digunakan untuk menambahkan detail yang sulit diperoleh seperti untuk detail hidung, telinga dll.
Lem
Bahan yang umum digunakan campuran air hangat dan tepung (perbandingan 1,5 berbanding 1). Sebagai alternatif untuk mendapatkan daya rekat yang lebih kuat, bisa ditambahkan tepung sagu atau juga lem putih yang diencerkan.
Cat
Cat digunakan untuk mewarnai hasil cetakan yang sudah kering. Cat poster dan cat lain yag berbahan dasar minyak bisa digunakan.

Cara pembuatan
  • Siapkan potongan kertas , cairan lem, dan cetakan.
  • Oles cetakan dengan minyak goreng atau lapisi dengan kertas aluminium agar mudah dilepas nantinya setelah kertas kering.
  • Celupkan satu persatu kertas ke dalam cairan lem. Tiriskan kelebihan lem, dan tempelkan kertas ke cetakan. Lakukan berulang sampai seluruh cetakan tertutup kertas.
  • Jemur atau angin-anginkan cetakan sampai kering, lalu ulangi langkah di atas untuk lapisan kertas kedua dan ketiga. Ulangi untuk lapisan keempat dengan menggunakan kertas photo copy.
  • Jemur atau angin-anginkan cetakan sampai kering , lalu mulai proses pengecatan dan jemur lagi sampai kering.
  • Lepaskan cetakan dari kertas dan jadilah paper mache kita
Ingat, tidak ada batasan teori untuk berkreasi. Silahkan gunakan imajinasi dan kreasi anda untuk menghasilkan karya yang menakjubkan.



Tulisan lain yang mungkin bermanfaat